Sabtu, 29 Januari 2011

pemahaman tentang bisnis

PENDAHULUAN
Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat yang semakin lama semakin bertambah , tentunya para masyarakat harus berusaha untuk mendapatkan kebutuhan nya sehari-hari yang sangat mendesak . namun dengan berkembangnya teknologi yang saat ini semakin maju maka masyarakat pun sudah tidak begitu khawatir . banyak para masyarakat yang sudah memanfaatkan teknologi yang berkembang untuk membuka lahan pekerjaan seperti berbisnis . banyak alasan mengapa masyarakat jaman sekarang mengutamakan dan mencoba untuk berbisnis . hal yang paling penting diutamakan dalam berbisnis adalah mencari keuntungan yang sebanyak-banyaknya . namun tak dipungkiri bahwa keadaan ekonomi lah yang memaksa mereka untuk berusaha memenuhi kebutuhan mereka masing-masing . keadaan ekonomi yang memaksa mereka untuk aktif dan bertindak mencari penghasilan yang didapat melalui cara berbisnis . namun ada juga para pegawai yang menjalani bisnis karena alasan usaha sampingan . banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam berbisnis namun juga bukan hanya keuntungan yang didapatkan tapi kerugian pun juga bisa kita dapatkan dalam memulai suatu bisnis . meskipun dalam berbisnis ada hal negatifnya , namun kita tidak boleh menyerah untuk melakukan suatu bisnis . banyak masyarakat yang berfikiran bahwa dengan memulai saha bisnis maka mereka harus mempunyai modal yang sangat besar , namun mereka salah . dalam memulai suatu bisnis  anda tidak memerlukan modal yang cukup besar . yang anda perlukan adalah suatu keberanian dalam menanggung resiko yang akan anda hadapi jika anda mengalami suatu kerugian dalam bisnis anda   disini saya akan menjelaskan seluruh aspek yang terkandung dalam memulai bisnis .

PENGERTIAN BISNIS
Apakah pengrtian bisnis itu ? bisnis bagi sebagian orang merupakan tempat pencariaan penghasilan yang membebaskan. Karena bisnis adalah usaha yangdiputuskan dan dijalankan oleh anda pribadi , dan segala keuntungan dapat dirancang sendiri serta dinikmati sendiri .

DEFINISI TENTANG BISNIS MENURUT PARA AHLI
Menurut Huat, T Chwee, 1990 . Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam mendapatkan keuntunagan/laba .
Allan Affuah (2004) menjelaskan bahwa Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit , the goods and services that statisfy societies needs . the general term business refer to all such efforts within an industry . artinya Bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri . orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiataan bisnis disebut Enterpreneur .
Selain itu Steinford (1979) mendefinisikan bisnis yaitu Business is an instituition which produces goods and services demanded by people . artinya Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat . apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangan nya untuk memenuhi kebutuhan tersebut , sambil memperoleh laba .
Sedangkan Mahmud Machfoeds mengartikan Bisnis sebagai suatu usaha perdagangan yang dilakukan suatu kelompok yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan .
Demikian beberapa pengertian/definisi diatas , semoga dapat bermanfaat untuk rekan-rekan yang membaca dan yang ingin mengetahui definisi-definisi tentang bisnis .

CARA MENINGKATKAN BISNIS ANDA
Dalam memulai bisnis tentunya anda harus mengetahui bisnis apa yang ingin anda jalani . dengan mengetahui bisnis yang ingin anda geluti maka anda harus mengetahui seluk-beluk yang terdapat dalam bisnis anda . dibawah ini ada cara meningkatkan bisnis anda :
·        Perbanyak prospek (leads) . caranya dengan iklan , buka cabang , sebar brosur , ikut pameran dll. Misalnya anda buka toko di mall , tanpa anda sadari toko anda banyak yang memasuki dan mungkin omset anda akan bertambah melalui anda membuka toko
·        Perbanyak jumlah konversi (conversion) . konversi adalah jumlah prospek yang nantinya akan membeli produk anda .bagaimana menaikan jumlah konversi : contohnya dengan menaikan garansi, berikan jaminan purna jual , delivery gratis .
·        Naikan jumlah transaksi , jumlah transaksi adalah berapa banyak transaksi yang terjadi di toko anda perhari , permiggu , atau perbulan . bagaiman acara menaikan jumlah transaksi : contohnya adalah lakukan dengan berbagai cara agar pelanggan akan berbelanja kembali yaitu buat pelanggan merasa senyaman mungkin berbelanja di toko anda .
·        Naikan rata-rata jumlah pembelian . dengan cara menawarkan barang/produk lain yang nantinya pelanggan akan membeli produk lainnya . dengan begitu maka usaha anda akan meningkat .

KIAT-KIAT MEMULAI ISNIS UNTUK PEMULA
Untuk pemula/beginner dalam memulai usaha bisnis harus diperhatikan cara-caranya . dibawah ini adalah kiat-kiat dalam memulai bisnis untuk seorang pemula :
1.      Modal dari capital kecil tidak harus malu untuk menjalaniya
2.      Mulai dari potensi (kekuatan) yang sudah ada dalam diri kita
3.      Improvement . memaintain yang sudah ada juga bukan perkara yang mudah . harus melakukan perubahan-perubahan dan perbaikan terus-menerus agar bisnis tetap berjalan dan terus meningkat kapasitas bisnisnya .

ALAT UKUR KEUNTUNGAN DALAM BERBISNIS
Banyak orang yang menganggap bahwa keuntungan berasal adalah financial (uang) , sehinga sibuk menumpuk harta kekayaan tanpa memikirkan efek negative apa yang didapatkan dalam bisnisnya . dalam menanggapi keuntungan yang dimaksudkan disini adalah sebagai berikut :
·         pertama , yang namanya untung yaitu apa yang kita lakukan bisa membangun nama baik (citra diri) kita . kita harus membuat pembeli merasa puas dan senang atas pelayanan yang kita berikan di dalam toko kita  tanpa harus membuat pembeli merasa kecewa .
·         kedua , yang namanya untung kalau apa yang kita lakukan dapat membangun silahturahmi atau hubungan relasi . oleh sebab itu kita jangan hanya memikirkan hanya ingin mendapatkan uang , namun hubungan kita harus terjaga dengan baik dengan oranglain .
·         ketiga , yang namanya untung bukan hanya sekedar mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri , namun keuntungan tersebut harus untuk oranglain juga . kita tidak boleh merugikan orang lain dalam berbisnis .

kelebihan berbisnis
usaha bisnis pada kenyataanya mampu bertahan dan mengantisipasi kelesuhan perekonomian yang diakibatkan karena inflasi maupun berbagai faktor penyebab lainnya . tanpa subsidi dn proteksi bisnis ini mampu , menambah nilai devisa Negara khususnya industry kecil disektor informal dan mampu berperan sebagai penyangga dalam perekonomian masyarakat kecil/lapisan kebawah .
selain itu usaha bisnis juga mmpu membantu perekonomian Negara , antara lain :
1.      merupakan pemerataan konsentrasi dari kekuatan-kekuatan ekonomi dalam masyarakat .
2.     sebagian besar membuka lapangan pekerjaan baru , inovasi , sumberdaya ,serta sumberdaya baru . dan mampu mengurangi pengangguran di dalam Negara .
3.      membuka peluang bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari .

PENUTUP
Pendapat saya jika anda ingin menjalankan suatu bisnis , maka yang anda butuhkan adalah sebuah keberanian untuk mengambil sebuah tindakan yang memang harus anda hadapi yaitu sebuah kegagalan . dengan usaha dan kerja keras maka anda tentunya akan mendapatkan sebuah kesuksesan yang akan anda nikmati nantinya . tingkat kreatifitasan pun untuk menciptakan sebuah inovasi barupun dibutuhkan dalam menjalani sebuah bisnis . jika anda mengalami kegagalan , tidak seharusnya anda merasa putus asa karena kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda . maka anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk meraih kesuksesan yang anda impi-impikan . dan jangan lupa berdoa yang paling penting !!!! selamat mencoba untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis . semoga saran yang saya berikan dapat bermanfaat untuk usaha bisnis anda

NAMA : FAUZIAH NISAA F
NPM : 22210659
KELAS : 1EB12









20 komentar:

  1. isinya sangat membantu, terima kasih.

    My blog

    BalasHapus
  2. Guys, maaf numpang share ya...silahkan kunjungi website saya www.mariong.com , Dijamin anda tidak akan rugi !! kunjungi sekarang. Thanks :)

    BalasHapus